Tips Bijak Menggunakan Pinjaman Online Bagi Pemula

Sudah banyak cerita yang terjerat oleh pinjaman online. Bagi para pemula, sebaiknya jangan serampangan menggunakan cicilan dan pinjaman lewat pinjaman online. Apalagi jika utang tersebut bukan digunakan untuk kebutuhan produktif atau darurat.

Lalu seperti apa caranya menggunakan pinjaman online bagi pemula? Berikut adalah beberapa tips bijak menggunakan pinjaman online buat yang pertama kali mengajukan. Hati-hati dalam menentukan keputusan finansial. Jika belum hidup secara independen, mintalah nasihat dari orang tua atau wali.

Tentukan Tujuan Pinjaman

Ketika memiliki keputusan untuk mengajukan cicilan dan pinjaman, pastikan dulu punya tujuan yang jelas. Sehingga nantinya tujuan tersebut bisa diidentifikasi sebagai tujuan yang meningkatkan produktivitas atau malah sebaliknya hanya bersifat konsumtif semata.

Hindarilah mengajukan pinjaman online jika tujuannya bersifat konsumtif, apalagi jika digunakan untuk menutup utang pinjol lainnya. Bunga pinjaman baru demi menutupi pinjaman yang lama. Jika hal tersebut dilakukan justru akan menambah beban pinjaman setiap bulannya. Pokok pinjaman yang harus dibayarkan serta bunganya semakin membesar.

Menyesuaikan dengan Kemampuan Bayar

Langkah strategis lainnya adalah menyesuaikan jumlah pinjaman dengan kemampuan bayar. Bagaimana cara menghitungnya? Beberapa pakar keuangan menyebutkan bahwa rasio utang yang aman adalah sepertiga dari penghasilan. Artinya jika penghasilan kamu Rp 5 jutaan, kira-kira batas rasio cicilan perbulan tidak boleh lebih dari Rp 1,5 juta per bulan.

Hindari tenor panjang karena justru akan memperbesar bunga yang harus dibayarkan. Pilihlah tenor yang ringkas seperti yang ditawarkan oleh Kredivo. Malahan Kredivo punya opsi cicilan 0% untuk belanja, cukup bayar bunganya saja sebesar 3% dari harga barang.

Kredivo memberikan limit bagi member premium hingga Rp 50 juta. Setengahnya bisa diajukan untuk dana tunai by Kredifazz. Namun, untuk pinjaman dana tunai ini akan dikenakan biaya admin di muka 6%. Sehingga kamu tidak akan menerima bulat dari jumlah pinjaman yang diajukan karena akan langsung dipotong admin di muka. Tapi tenang karena bunga cicilan Kredivo masih terjangkau dan transparan mulai dari 1.99% per bulan.

Kamu bisa langsung tahu lewat simulasi cicilan dari aplikasi Kredivo. Ada kalkulator cicilan yang bisa melakukan simulasi perhitungan cicilan. Kamu bisa langsung tahu berapa cicilan yang harus kamu bayarkan sudah termasuk bunganya setiap bulan sesuai dengan tenor yang dipilih. Sehingga kamu benar-benar mengetahui beban yang akan ditanggung.

Menggunakan Hanya untuk Kondisi Mendesak

Pinjaman online seperti ini baiknya memang hanya digunakan untuk kebutuhan mendesak saja. Misalnya untuk biaya pengobatan, pembelian obat, renovasi rumah karena bocor, hingga pembayaran biaya pendidikan yang harus segera disetorkan sebelum jatuh temponya.

Sementara untuk hal-hal yang sifatnya konsumtif seperti membeli gadget baru apalagi buat staycation di hotel saat senggang kurang disarankan meskipun tetap bisa dilakukan.

Pahami Syarat dan Ketentuan dengan Lengkap

Pilih pinjaman dengan syarat dan ketentuan yang jelas dan tidak ada yang disembunyikan. Apalagi jika bunganya berbeda-beda untuk limit dan tenor yang berbeda juga. Penetapan bunga floating seperti itu akan menyulitkan untuk menghitung simulasi beban yang harus dibayarkan sehingga berpotensi merugikan calon debitur.

Menghindari Pinjaman Ilegal

Jangan pernah berurusan dengan pinjaman ilegal sesulit apapun kondisi kamu. Pinjaman ilegal hanya akan mempermudah pada saat proses pengajuan, namun niscaya sudah terjerat akan sulit untuk keluar. Pastikan lagi bahwa saat kamu mengajukan pinjaman bahwa perusahaan yang dipilih masih terdaftar di bawah Otoritas Jasa Keuangan. Sehingga memiliki kekuatan hukum yang jelas terlebih dalam soal perlindungan konsumen.

  • Pia

    Related Posts

    Kandungan Kalori Kebab

    Kebab memang terlihat seperti makanan yang mengandung bahan makanan sehat, namun begitu kandungan kalori kebab sangatlah tinggi. Terutama jika kita memilih kebab yang berukuran jumbo. Dan bagi yang sedang menjalankan…

    Resep Bumbu Kacang Sate Madura Sederhana

    Sate merupakan hidangan makanan khas Indonesia yang sudah mendunia. Sate yang berbahan dasar daging sapi, ayam atau kambing dipadukan bumbu kacang yang lezat. Bumbu kacang memiliki cita rasa gurih, manis…

    You Missed

    Kandungan Kalori Kebab

    • By Pia
    • June 29, 2024
    • 39 views
    Kandungan Kalori Kebab

    Resep Bumbu Kacang Sate Madura Sederhana

    • By Pia
    • June 16, 2024
    • 38 views
    Resep Bumbu Kacang Sate Madura Sederhana

    Tips Bijak Menggunakan Pinjaman Online Bagi Pemula

    • By Pia
    • June 2, 2024
    • 40 views
    Tips Bijak Menggunakan Pinjaman Online Bagi Pemula

    Peran Jasa Anti Rayap dalam Mengatasi Serangan Rayap di Rumah

    • By Pia
    • May 17, 2024
    • 34 views
    Peran Jasa Anti Rayap dalam Mengatasi Serangan Rayap di Rumah

    Belajar Berkebun di Rumah dengan Mudah dan Menyenangkan

    • By Pia
    • December 7, 2023
    • 35 views

    Cara Memilih Smartphone yang Tepat untuk Kebutuhan Sehari-hari

    • By Pia
    • December 7, 2023
    • 30 views